Apa Itu Pembukuan?
Beserta Manfaat Pembukuan

Apa itu pembukuan? Pembukuan dalam sebuah bisnis adalah dasar dari sistem akuntansi. Semua macam bisnis mulai dari skala kecil hingga skala besar perlu untuk membuat pencatatan keuangan. Pembukuan keuangan akan sangat berpengaruh untuk bisnis yang kamu jalani. Melalui sebuah pembukuan keuangan, kamu dapat melihat kondisi keuangan bisnis, keuntungan, kerugian, dan lain sebagainya dalam sebuah bisnis.

Pengertian Pembukuan Secara Sederhana

Menurut UU Nomor 28 Tahun 2007 Pasal 28, pembukuan adalah suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan yang meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan, dan biaya, serta jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa, yang ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca, dan laporan laba rugi untuk periode tahun pajak tersebut.

Dalam sebuah pembukuan, terdapat beberapa metode umum dalam sistem pembukuan yaitu sistem pembukuan masukan tunggal dan pembukuan berpasangan. Kedua sistem ini dapat dikatakan sebagai pembukuan nyata. Sistem pembukuan masukan tunggal adalah sumber catatan pembukuan primer seperti buku kas. Hal ini sama dengan daftar rekening koran dan menempatkan pendapatan dan pengeluaran ke berbagai akun pendapatan dan pengeluaran. Sistem ini dapat digunakan hanya jika bisnismu bergerak dalam skala kecil dengan volume transaksi yang rendah. Sedangkan Sistem Berpasangan cocok untuk perusahaan berukuran besar dan lebih kompleks. Dengan menggunakan sistem ini, kamu dapat membuat dua entri untuk setiap transaksi. Debit dibuat ke satu akun dan sebuah kredit dibuat ke akun lainnya. Ini adalah kunci dari sistem berpasangan. Bentuk pembukuan ini lebih baik daripada pembukuan masukan tunggal.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Pembukuan Sederhana

Manfaat Pembukuan Untuk Bisnis

Semua bisnis membutuhkan sebuah pencatatan keuangan sebagai dasar dalam menjalankan bisnis. Berikut ini adalah beberapa manfaat penting dari aktivitas pembukuan keuangan untuk sebuah bisnis.

Mengetahui Besarnya Keuntungan atau Kerugian

Hal ini merupakan hal yang terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis. Karena memang pada dasarnya dalam menjalankan sebuah bisnis adalah untuk mencari keuntungan. Jika kamu mengalami kerugian, maka harus segera dicari jalan keluarnya agar bisnismu tidak mati dan dapat bertahan lama. Dengan mengetahui setiap transaksi yang terjadi setiap harinya serta mengetahui arus uang dan barang dalam perusahaan, maka kamu dapat mengetahui estimasi keuntungan atau kerugian yang akan kamu terima.

Mengetahui Setiap Transaksi

Fungsi utama dari pencatatatn keuangan adalah untuk mengetahui setiap transaksi yang dilakukan di dalam sebuah bisnis. Tidak boleh ada satupun transaksi yang terlewat atau tidak tercatat. Hal ini membutuhkan ketelitian untuk melakukan pencatatan keuangan. Pencatatan yang teliti dan rapi sangatlah memberikan pengaruh terhadap keberlangsungan bisnis yang dijalankan. Dengan mengetahui transaksi apa saja yang terjadi pada hari itu maka akan diketahui bagaimana alur distribusi uang pada hari itu, kemana uang itu pergi, dan dari dari mana uang itu didaptkan. Tidak hanya alur distribusi uang namun juga mengetahui distribusi barang. Berapa banyak jumlah barang yang telah dikeluarkan pada hari itu dan berapa banyak pula barang yang telah dimasukkan ke dalam perusahaan. Semua ini bisa dengan mudah diketahui hanya dengan melihat dan mengecek buku keuangan yanng kamu miliki.

Bahan Penilaian Bisnis

Pembukuan bisnis merupakan sebuah catatan tentang segala aktivitas yang ada di dalam sebuah bisnis atau perusahaan. Dari catatan ini, akan didapat gambaran bagaimana kondisi bisnis yang telah dijalankan dalam perusahaan tersebut. Apakah berjalan baik sehingga mendapatkan keuntungan atau malah mendapatkan kerugian. Hal ini juga digunakan sebagai dasar dalam menentukan strategi untuk kedepannya. Apakah akan tetap memakai cara dan strategi yang lama dengan beberapa kali penyesuaian atau memakai cara dan strategi yang baru.

Kesimpulan

Pembukuan memiliki manfaat penting dalam sebuah bisnis, untuk itu kamu harus melakukannya dengan baik. Jika kamu tidak begitu memahami cara membuat pencatatan keuangan secara manual, kini tersedia berbagai software untuk membantu kamu melakukannya. Salah satunya adalah Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi online yang didesain khusus untuk membantu kamu membuat pencatatan keuangan bisnis dengan lebih mudah, cepat, dan aman. Seluruh data keuangan akan disajikan secara instan dalam pembukuan yang sistematis dan terperinci. Bukan hanya itu, data yang ada pada Accurate Online juga dapat kamu akses di mana pun dan kapan pun secara realtime.

Kamu dapat mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan mengklik tombol dibawah ini: