aplikasi pembukuan

Aplikasi Pembukuan
Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan

Secara umum, aplikasi pembukuan atau akuntansi ini adalah sebuah program aplikasi yang memang dirancang khusus untuk mempermudah pekerjaan para akuntan dalam pencatatan transaksi usaha yang sama dengan apa yang dilakukan secara manual. Misalnya akun pembelian, akun penjualan, penggajian, buku besar, dan berbagai macam kegiatan pencatatan akutansi lainnya untuk menghasilkan laporan keuangan sebagai pertimbangan untuk pengambilan keputusan.

Pada awal menjalankan usaha, banyak ditemui pelaku usaha yang hanya fokus pada sebuah produk dan pemasaran. Hal ini wajar karena pemilik usaha harus melawan pasar agar produknya dikenal masyarakat. Sehingga mereka seringkali melupakan suatu hal penting, seperti laporan keuangan usaha yang seharusnya dibuat sejak awal. Sering terjadi kalau mereka baru menyadarinya ketika usaha sudah mulai berkembang, transaksi yang semakin banyak, dan stok yang makin bertambah, namun keberadaan dana atau stok tidak dapat diketahui secara akurat. Inilah yang akan menyebabkan terhambatnya suatu usaha bahkan dapat mengakibatkan usaha tersebut mengalami kebangkrutan.

Bagusnya, pada saat memulai usaha harusnya diberlakukan juga pembukuan usaha. Pembukuan atau pencatatan keuangan ini harus dilakukan secara terus-menerus. Melalui pembukuan keuangan ini, maka pemilik dapat memantau dan mengevaluasi kondisi keuangan perusahaannya.

Sayangnya, tidak semua pengusaha memahami permasalahan dalam pembukuan usaha ini. Tidak jarang jika ada yang menganggap masalah dalam pembukuan ini adalah pekerjaan yang rumit dan harus dikerjakan oleh tenaga yang ahli.

Seiring dengan cepatnya perkembangan teknologi, saat ini sudah tersedia jawaban bagi perasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha. Sebuah aplikasi pembukuan dibuat untuk mempermudah pembukuan keuangan pada suatu usaha. Dengan aplikasi ini maka pengguna dapat dengan mudah mencatat sebuah transaksi dan membuat sendiri pembukuan usahanya, meskipun masih awam dengan ilmu akuntansi. Kehadiran aplikasi pembukuan ini tentunya akan membuat pengusaha semakin percaya diri dalam menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi dalam usahanya.

Salah satu aplikasi pembukuan yang sudah banyak digunakan oleh pengusaha adalah Accurate Online. Accurate Online merupakan aplikasi pembukuan keuangan yang sangat user friendly, fleksibel, tepat guna, serta menghemat waktu. Pengguna dapat mencatat seluruh aktvitas keuangan kedalam sebuah aplikasi. Aplikasi pembukuan ini tidak hanya merekam transaksi bisnis, namun juga akan mempermudah pengusaha dalam pengambilan keputusan, meningkatkan layanan terhadap pelanggan, kontrol stok, serta menghemat waktu.

Kelebihan Aplikasi Pembukuan

Kelebihan dari aplikasi pembukuan adalah sebagai berikut:

  • Memaksimalkan efisiensi dan produktifitas.
  • Meminimalkan kesalahan dalam penginputan data.
  • Dasboard yang interaktif sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan.
  • Laporan keuangan dan jurnal otomatis terbuat.

Baca Juga : Alasan Para Pengusaha Meninggalkan Pembukuan Manual

Kelebihan Accurate Online

Accurate Online memiliki banyak fitur unggulan, diantaranya:

  • Mudah memonitor persediaan. Fitur ini akan membantu pelaku usaha untuk dapat melakukan stock opname, mencetak kartu stok, memonitor jumlak stok, dan mengetahui keuntungan penjualan per barang.

    laporan daftar barang accurate online

    Laporan Daftar Barang dan Jasa – Accurate Online

  • Mengelola hutang dan piutang perusahaan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengelola piutang usaha, mencetak laporan umur piutang, serta membuat grafik umur piutang. Hanya dengan memilih jenis laporan hutang dan piutang di accurate online maka sistem langsung membuat secara otomatis.
    laporan piutang accurate online

    Hutang Piutang – Accurate Online

    Aplikasi ini banyak membantu dalam hal menentukan pembayaran yang harus dilakukan, dimana pengguna dapat:
    – menghemat waktu dan tenaga untuk memonitor pembayaran dari vendor.
    – efektivitas yang meningkat karena tidak perlu input manual.
    – mengelola pengeluaran uang dengan efisien.
    – memonitor kondisi keuangan dimanapun dan kapanpun.

Baca Juga : Aplikasi Pembukuan Gratis Terbaik di Indonesia

  • Memantau Laba Rugi per Cabang. Dengan fitur ini, pelaku usaha dengan mudah melihat laporan laba rugi per cabang tanpa harus datang ke lokasi. 

    laporan laba rugi per cabang accurate oline

    Laporan Laba Rugi per Cabang – Accurate Online

Saat ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat dan mobilitas user yang semakin tinggi, aplikasi Accurate Online juga turut mengembangkan teknologinya dengan mengadopsi cloud system. Sistem ini membuat para pengusaha bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun.aplikasi pembukuan

Dengan menerapkan aplikasi akuntansi didalam sebuah usaha, terlebih dengan menggunakan aplikasi Accurate Online akan mempermudah pekerjaan pembukuan Anda. Untuk informasi tambahan, Software Accurate telah mendapatkan Top Brand Award tahun 2016-2019 sebagai Software Akuntansi dengan user terbanyak. Sudah banyak yang menggunakan Accurate Online karena sangat membantu pembukuan usaha Anda. Sekarang giliran Anda untuk memulai dengan cara baru.