Pengertian

Bisnis rumahan adalah sebuah aktivitas atau kegiatan untuk menjual barang atau jasa kepada konsumen yang beroperasi di rumah. Tujuan utama saat melakukan bisnis pada dasarnya ialah agar mendapat keuntungan, meskipun tingkat keberhasilannya belum dapat di pastikan namun banyak orang yang tertarik untuk mencobanya.

akuntansi bisnis rumahan

PENGERTIAN BISNIS MENURUT PARA AHLI

  1. Hughes dan Kapoor

Menurut Hughes dan Kapoor, pengertian bisnis adalahsuatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jusa untuk mendapatkan keuntungan atau laba dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

  1. Brown dan Pretello

Menurut Brown dan Pretello, pengertian bisnis adalah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang di butuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang di lakukan pemerintah maupun swasta tidak peduli mengejar laba atau tidak

  1. Jeff Madura

Menurut Jeff Madura, pengertian bisnis adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang di inginkan oleh pelanggan

  1. R. Dicksee

Menurut L. R. Dicksee, pengertian bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.

TUJUAN BISNIS

  • Profit ( keuntungan / laba ) – keuntungan menjadi salah satu tujuan utama dalam bisnis untuk membuat bisnis tersebut tetap bisa berjalan
  • Growth ( pertumbuhan ) – selain keuntungan. Pertumbuhan juga harus di amati untuk pertumbuhan ekonomi dan ekspansi bisnis jika sudah banyak konsumen
  • Continuity ( berkesinambungan ) – maksudnya adalah untuk menyambung usaha / bisnis kita dengan bisnis yang kita miliki atau bisnis milik relasi
  • Stability ( stabilitas / kestabilan ) – kegiatan ini di perlukan untuk kestabilan ekonomi
  • Public service ( pelayanan umum ) – bisnis yang di lakukan untuk melayani kebutuhan konsumen
  • Will fare ( kesejahteraan ) – kegiatan ini untuk menjaga kesejahteraan owner, konsumen , dan bahkan untuk masyarakat di sekitar tempat bisnis kita beroperasi

MANFAAT BISNIS

Saat menjalankan bisnis, kita juga akan mendapatkan manfaat untuk diri kita sendiri. Berikut ini adalah beberapa manfaat dalam berbisnis, di antaranya adalah :

  • Fleksibel dalam waktu

Karena kita sendiri berperan sebagai owner atau pemilik bisnis tersebut, maka jam kerja di bisnis tersebut kita bisa atur sendiri sesuai kebutuhan. Biasanya ini jadi salah satu alasan seseorang untuk beralih profesi menjadi pengusaha.

Waktu dan jam kerja menjadi fleksibel, apalagi jika kita menginginkan waktu untuk bersantai atau liburan bersama keluarga. Seiring berkembangnya bisnis yang di jalani, kita juga harus mncari pegawai untuk membantu operasional.

  • I AM BOSS

Seperti kata Om Bob Sadino “sekecil apapun usaha yang anda punya, anda adalah bosnya”. Dengan berbisnis, kita juga di tuntut harus menjadi pemimpin dan mengambil keputusan yang tepat untuk bisnis kita.

  • Mendapat pengakuan

Apabila bila bisnis kita sudah berkembang menjadi bisnis yang besar dan sudah bisa di bilang usaha yang sukses dan dapat memberikan dampak yang positif untuk masyarakat sekitar, maka secara tidak langsung kita bisa mendapat pengakuan yang positif untuk kita dan bisnis yang kita jalani.

  • Owner = Finance

Kita bisa menentukan gaji untuk kita sendiri, sesuai dengan pendapatan yang kita dapat dari bisnis tersebut. Tidak seperti pekerja kantoran yang mungkin akan mendapat nominal gaji yang sama setiap bulan

  • Brighter future

Semakin semangat dalam mengelola bisnis, membuat kita memiliki kesempatan yang besar untuk memiliki masa depan yang lebih baik.

 

JENIS-JENIS BISNIS, SALAH SATUNYA MEMBUAT ANDA BETAH DI RUMAH

  • Manufaktur ialah bisnis yang membuat produk yang berasal dari bahan mentah atau komponen – komponen yang belum di rakit menjadi barang atau produk yang siap di jual.
  • Bisnis jasa ialah bisnis yang membuat barang intangible, dan mendapatkan penghasilan atas jasa yang kita berikan.
  • Distributor ialah pihak yang berperan sebagai perantara antara produsen dengan konsumen.
  • Bisnis pertanian ialah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah dari tanaman.
  • Bisnis finansial ialah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
  • Bisnis informasi ialah bisnis yang menghasilkan property intelektual
  • Utilitas ialah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, dan biasanya di biayai oleh pemerintah
  • Bisnis real estate ialah bisnis yang menghasilkan keuntungan dari bidang property
  • Bisnis transportasi ialah bisnis yang mendapatkan penghasilan dari pengantaran barang atau individu
  • Bisnis rumahan ialah bisnis yang berawal dari rumahan, bisnis ini banyak di minati karena memiliki peluang yang lumayan baik. Bahkan bisnis rumahan juga sudah banyak yang di pasarkan secara online.

Bisnis rumahan atau home industry ini cocok untuk siapa saja termasuk laki-laki. Jadi, tidak hanya boleh dijalankan oleh perempuan saja. Bagi yang tertarik, Anda bisa memanfaatkan lahan atau ruang kosong di rumah seperti halaman, garasi dan dapur. Namun, sebelum Anda memulainya, perhatikan tips berikut ini.

Perhatikan 8 Hal Ini Saat Memulai Usaha Rumahan

fokus bisnis rumahan

1.Minta Support Keluarga

Pertama, mintalah support dari keluarga yang ada di rumah. Pastikan mereka setuju dengan rencana Anda. Sebab jika ada satu orang saja yang tidak mendukung bisnis anda, maka konflik bisa terjadi setiap hari. Akibatnya, Anda tidak bisa fokus dan maksimal dalam mengembangkan bisnis Anda.

2.Pilih Bisnis yang Sesuai

Sebaiknya, pilih bisnis yang Anda senangi dan kuasai. Menjalankan bisnis yang sesuai dengan hati dan keahlian Anda, hal itu membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalankan bisnis Anda.

Namun, perhatikan juga peluang pasar yang akan di tuju. Misalnya, jika Anda ingin berbisnis roti rumahan, maka pilihlah roti yang sekiranya memiliki banyak peminatnya agar Anda lebih mudah memasarkannya.

3. Tetapkan Tujuan Anda

Jangan pandang sebelah mata tentang bisnis rumahan. Meski bisnis rumahan termasuk bisnis skala kecil, usaha Anda bisa berkembang pesat dan menghasilkan profit yang besar.

Produk Anda pun bisa sukses dipasarkan ke luar kota bahkan hingga ke Internasional. Asalkan, Anda menyiapkan visi dan misi dari awal agar Anda punya tujuan dan target yang jelas ke depannya.

4.Siapkan Modal Usaha

Hitung secara terperinci apa saja yang Anda butuhkan dan berapa biaya untuk memulai usaha Anda. Meliputi biaya untuk bahan baku, peralatan kerja, kemasan produk, biaya operasional dan sebagainya.

Tanpa modal yang cukup, Anda akan kesulitan dalam menjalankan usaha. Maka sebelum memulai usaha rumahan ini, Anda perlu menyiapkan modalnya.

5.Manfaatkan Gadget Anda

Anda bisa memperluas pemasaran bisnis Anda dengan bantuan gadget dan internet. Sehingga orang-orang dari mana saja bisa mengetahui keberadaan bisnis Anda dan menjadi pelanggan Anda.

Maka dari itu, manfaatkan pemasaran online sebaik mungkin. Gunakan website dan media sosial untuk mempromosikan usaha rumahan Anda.

6.Perluas Jaringan Bisnis

Untuk meningkatkan penghasilan, Anda harus memperluas jaringan bisnis. Anda bisa mengajak bekerja sama dengan bisnis lain untuk menjual produk Anda.

Misalnya, jika Anda memasarkan produk dodol, Anda bisa bekerja sama dengan toko-toko yang menjual makanan ringan atau toko oleh-oleh yang dapat menjual produk buatan Anda tersebut.

7.Disiplin Terhadap Waktu

Jangan karena Anda berbisnis dari rumah, Anda lalu sesuka hati kapan Anda mau bekerja. Memang waktu kerja bisa lebih fleksibel, tapi jangan dikelola asal-asalan.

Sebaiknya, tentukan jam kerja untuk usaha Anda. Ini akan membantu Anda tetap disiplin terhadap waktu kerja dan lebih produktif setiap hari.

8.Mencatat Alur Keuangan

Walau Anda cuma menjalankan usaha sekelas rumahan, Anda pun wajib mencatat keuangan harian agar Anda bisa merencanakan keuangan dengan baik.

accurate online

Ingat, keberlangsungan bisnis sangat bergantung pada uang. Jika keuangan Anda berantakan, Anda akan kesusahan untuk mengatur biaya usaha di bulan-bulan berikutnya.