Cara Membuat Laporan Akhir Tahun Yang Gak Bikin Pusing

Tidak terasa sebentar lagi sudah mendekati akhir tahun, kalian harus siap membuat laporan akhir tahun. Bagi perusahaan yang sudah berskala besar, akhir tahun merupakan masa yang sangat krusial. Kenapa? Karena mereka harus menyiapkan berbagai macam laporan perusahaan, mulai dari laporan keuangan, penjualan, dan berbagai laporan lainnya.

Untuk perusahaan besar, hal tersebut tidak terlalu dipusingkan. Karena mereka sudah merekrut orang yang kompeten untuk menyusun setiap laporan yang dibutuhkan. Tetapi bagaimana jika bisnis Anda masih berskala kecil atau bahkan baru merintis bisnis dan tidak memiliki banyak tim?

Itu merupakan pertanyaan yang sering muncul di kalangan pengusaha UKM dan UMKM. Mereka sering bingung apa saja laporan yang harus mereka siapkan ketika akhir tahun. Berikut ini akan saya akan memberikan penjelasan mengenai laporan akhir tahun yang harus disiapkan untuk pengusaha UKM dan UMKM.

1.Laporan Neraca

Laporan akhir tahun yang harus dibuat pertama adalah laporan neraca. Laporan neraca adalah bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan entitas tersebut pada akhir periode tersebut.

Pada laporan neraca akan tampak informasi tentang jumlah aset, kewajiban yang harus diselesaikan, serta modal yang Anda miliki. Semua harus dilampirkan pada laporan neraca akhir tahun sesuai kondisi pada periode atau tahun tersebut.

Contoh Laporan Neraca

2.Laporan Laba Rugi

Saat mendengar namanya, pasti Anda sudah tidak asing dengan laporan laba rugi. Menjadi laporan untuk menilai keberhasilan bisnis yang Anda kelola. Laporan laba rugi memuat jenis pendapatan serta beban yang ditanggung perusahaan.

Dalam menampilkan jenis pendapatan, Anda akan mengetahui apakah bisnis Anda selama ini mengalami keuntungan atau kerugian. Bagian Akuntan mengnggap bahwa menyusun laporan laba rugi hanya melihat saldo yang ada di akun pendapatan dan beban pada kolom laba rugi di neraca lajur, sehingga mudah dilakukan.

Adapun unsur-unsur yang terdapat di laporan laba rugi adalah:

  • Pendapatan dalam satu periode
  • Jumlah uang dari setiap jenis pendapatan
  • Biaya dalam satu periode
  • Jumlah uang pada setiap biaya
  • Jumlah uang yang didapat
  • Jumlah uang yang dikeluarkan

Semua unsur tersebut harus ada di dalam laporan labaru akhir tahun. Karena akhir tahun meruapakan akhir periode akuntansi dalam satu tahun. Sehingga laporan ini bisa untuk acuan pada periode selanjutnya.

Contoh Laporan Laba Rugi

3.Laporan Perubahan Modal

Untuk pengusaha UKM dan UMKM, terkadang ada yang menganggap laporan perubahan modal adalah hal yanng tidak terlalu penting. Padahal, nyatanya laporan ini merupakan laporan yang harus ada di laporan akhir tahun. Laporan perubahan modal atau ekuitas secara sederhana diartikan sebagai laporan keuangan yang harus dibuat oleh perusahaan yang menggambarkan peningkatan atau penurunan aktiva bersih atau kekayaan selama periode yang bersangkutan berdasarkan prinsip pengukuran tertentu yang dianut. 

Dalam laporan perubahan modal, ada beberapa unsur yang harus ada di dalamnya. Yang pertama adalah jumlah modal yang dimiliki, laba bersih usaha, jumlah modal yang berubah, penyebab modal berubah dan jumah uang setelah modal berubah.

Laporan perubahan modal ini dibuat setelah Anda menyelesaikan laporan laba rugi. Jika laporan laba rugi Anda belum selesai, tentu saja laporan perubahan modal ini tidak dapat dibuat. Karena laporan laba rugi adalah acuan untuk pembuatan laporan perubahan modal.

4.Laporan Arus Kas

Tentunya Anda sudah pernah mendengar apa itu laporan arus kas? Ya, laporan Arus kas atau cash flow adalah sebuah perincian yang menunjukkan jumlah pemasukan dan pengeluaran dalam suatu periode tertentu. Jika Anda memiliki pencatatan dari awal hingga akhir tahun, maka Anda pasti tidak akan terlalu merasa kesulitan dalam membuat laporan ini. Bagaimana jika Anda tidak memiliki catatannya? tentu saja akan merepotkan dalam pembuatan laporan arus kas.

Berikut ini adalah cara menyusun laporan arus kas untuk pembuatan laporan akhir tahun, dimulai dari:

  • Menghitung pengeluaran dan pendapatan pada kas
  • Menghitung laporan kas kotor yang di pakai untuk operasional perusahaan
  • Menghitung arus kas netto dari aktivitas operasional serta modal dari saldo awal kas

Dengan membuat laporan arus kas, Anda sebagai pemilik bisnis bisa menjadikan laporan ini sebagai acuan untuk arus kas pada periode selanjutnya. Sehingga Anda akan melihat Kemampuan bisnis Anda dalam memenuhi kewajiban serta sebagai alat evalausi terhadap bisnis Anda.

Keempat laporan tersebut harus Anda buat untuk laporan akhir tahun di tahun ini. Jika Anda belum memiliki pembukuan yang rapih, Anda bisa jadikan resolusi di tahun depan.

Tetapi Anda tidak perlu takut lagi, Anda bisa jadikan ACCURATE ONLINE sebagai pilihan untuk resolosi pembukuan perusahaan Anda. Anda tidak perlu repot menyiapkan semuanya, kurang dari 1 menit laporan akhir tahun bisa dibuat dengan Accurate online.

Baca Juga : Modul Lengkap Accurate Online

Accurate Online merupakan software akuntansi online berbasis web membuat Anda bisa mengakses Accurate online di mana saja dan kapan saja. Accurate online memiliki modul yang saling integrasi untuk memudahkan Anda dalam setiap transaksi.

Bayangkan, cukup dengan Rp. 8.000/hari supaya pembukuan Anda menjadi lebih rapih. Accurate Online juga akan banyak memberi promo menarik supaya bisnis Anda bisa naik ke level maksimal.

Info Lebih Lanjut? Klik Tombol Di Bawah Ini