Laporan Arus Kas Adalah:
Beserta Pengertian, Tujuan, Metode & Alasan

Untuk sebuah perusahaan, laporan arus kas adalah hal yang penting. Sebagai pebisnis kamu harus memahami arus kas, bukan hanya seorang akuntan saja yang dapat memahaminya.

Dengan adanya laporan arus kas, kamu akan mengetahui perusahaan dalam keadaan untung atau rugi. Ini juga akan mempermudah kamu untuk membaca dan menganalisis keuangan perusahaan.

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara pembuatan laporan arus kas, kamu perlu tahu apa saja hal-hal yang berkaitan dengan arus kas.

Pengertian Laporan Arus Kas

Laporan arus kas adalah bagian dari laporan keuangan pada periode tertentu untuk menunjukan pengeluaran dan pemasukan perusahaan. Laporan arus kas juga menyediakan informasi yang berguna tentang pola pinjaman perusahaan, pembayaran kembali, investasi oleh pemilik dan deviden.

Kamu tahu gak? kalau kamu bisa buat laporan arus kas tanpa ribet pakai accurate online. Penasaran? Buruan coba gratis 30 hari accurate online sekarang! Klik link ini!

Tujuan Laporan Arus Kas

Tujuan dari laporan arus kas adalah untuk mengetahui pengeluaran dan pemasukan dalam periode akuntansi tertentu. Selain berguna untuk perusahaan, laporan ini juga bermanfaat untuk investor, kreditor, dan lainnya.

Dengan adanya laporan arus kas, kamu dapat menilai hal-hal berikut ini:

  • Kemampuan entitas dalam mendapatkan arus kas
  • Transaksi investasi & pendanaan kas
  • Kemampuan entitas untuk membayar dividen dan kewajiban
  • Keterangan atas perbedaan antara angka laba bersih & kas bersih

Kegiatan Laporan Arus Kas

Terdapat 3 kegiatan yang menjadi komponen dalam laporan arus kas, yaitu:

Aktivitas Operasi

Aktivitas operasi adalah aktivitas penerimaan dan pengeluaran kas yang digunakan untuk kegiatan operasional dalam suatu periode akuntansi tertentu. Contohnya adalah pendapatan dari konsumen, membayar gaji bulanan, bayar internet, dan lain sebagainya.

Aktivitas Investasi

Aktivitas invetasi adalah aktivitas penerimaan dan pengeluaran yang berasal dari kegiatan investasi. Contohnya adalah penerimaan dari penjualan aset tetap, aset tak berwujud, dan aset jangka panjang lainnya.

Aktivitas Pembiayaan

Aktivitas pembiayaan adalah aktivitas arus kas dari kegiatan pembiayaan yang mempengaruhi utang dan ekuitas perusahaan. Contohnya adalah penjualan obligasi, emisi saham, dan lain sebagainya.

Metode Pembuatan

Terdapat 2 macam metode penyajian laporan arus kas. yaitu:

Metode Langsung (Direct Method)

Pada metode langsung,penyusunan laporan dilakukan dengan berdasar pada buku kas/bank. Untuk memakai metode ini, kamu harus melaporkan penerimaan dan pengeluaran kas dari kegiatan operasional perusahaan. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan investasi dan pembiayaan. Contohnya adalah sebagai berikut:

laporan arus kas adalah

Metode Tidak Langsung (Indirect Method)

Metode tidak langsung dilakukan berdasar pada laporan laba rugi dan neraca. Metode tidak langsung ini lebih memusatkan pada perbedaan laba bersij dan arus kas dari aktivitas operasi, sehingga dapat menunjukan hubungan antara laporan laba rugi, neraca, dan arus kas. Contohnya adalah sebagai berikut:

laporan arus kas adalah

Baca Juga: Cara Membuat Pembukuan Sederhana

Kenapa Laporan Arus Kas Penting Untuk Dibuat?

Mungkin jika ada suatu hal dirasa tidak penting, maka kamu pasti tidak akan mau meakukannya. Tetapi, laporan arus kas ini penting untuk kamu saat mendirikan perusahaan. Karena laporan ini sangat membantu supaya kamu dapat mengetahui tindakan yang akan diambil.

Masih ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan. berikut ini adalah keuntungannya:

Memudahkan melihat posisi keuangan perusahaan

Dengan adanya laporan arus kas, kamu akan menjadi lebih mudah untuk melihat  posisi keuangan perusahaan daln suatu periode akuntansi. Nanti akan terlihat keuangan perusahaan dalam keadaan untung atau rugi.

Dasar untuk menilai kinerja perusahaan

Dari laporan arus kas yang sudah dibuat, kamu bisa lebih mudah melihat bagaimana kondisi keuangan suatu perusahaan. Dan termasuk juga investasi dari perusahaan yang nantinya bisa ditunjukan ke investor.

Merencanakan strategi perusahaan untuk masa depan

Dengan laporan arus kas ini, bisa dijadikan sebagai dasar untuk memperkirakan masa depan perusahaan. Dikarenakan perusahaan bisa mengetahui keadaan internal perusahaan dari laporan tersebut.

Laporan arus kas ini juga bisa dipakai untuk evaluasi kinerja perusahaan. Perusahaan bisa menentukan seperti apa manajemen yang baik, perencanaan yang lebih baik dan terstruktur. Dengan begitu, evaluasi kinerja perusahaan bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

Baca juga : Cara membuat Laporan Akhir Tahun Yang Gak Bikin Pusing

Kesimpulan

Laporan ini bukan hanya bermanfaat bagi pemilik perusahaan, tetapi juga untuk para kreditor, investor, pihak manajemen, atau pihak terkait lainnya. Laporan arus kas ini berguna untuk memudahkan pengecekan kas dan juga sebagai dasar untuk pengambilan keputusan untuk strategi pengembangan perusahaan.

Jika kamu kesulitan dalam membuat laporan arus kas atau laporan keuangan lainnya seperti neraca, laba rugi, dan lain sebagainya. Kamu bisa menggunakan Software Akuntansi untuk memudahkan pembukuan menjadi lebih baik.

Accurate Online merupakan solusi terbaik buat kamu yang membutuhkan software akuntansi. Software akuntansi online berbasis cloud yang sudah dikembangkan dari tahun 2017 dan memenangkan Top Brand Award sebagai software akuntansi terbaik dari tahun 2016.

Kamu bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini: