Ini Adalah Rahasia Manajemen Keuangan Perusahaan Besar

 

Di dalam sebuah perusahaan, pengaturan dalam hal keuangan sering disebut juga dengan manajemen keuangan. Kegiatan yang biasanya meliputi perencanaan, pengoperasian, analisa kegiatan keuangan, serta monitoring, dan penataan keuangan. Secara garis besar, manajemen keuangan adalah semua kegiatan yang bersangkutan dengan cara mendapatkan pendanaan modal untuk bekerja, cara menggunakan atau mengalokasikan dana, serta pengolahan aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan utama.

Dan dalam prakteknya, manajemen keuangan adalah tindakan yang diambil dalam bentuk menjaga stabilitas keuangan perusahaan. Menjalankan manajemen keuangan tentu bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan pedoman yang dapat mendasari manajemen keuangan. Berikut ini adalah pedoman manajemen keuangan yang perlu diperhatikan.

Akuntabilitas

Akuntabilitas merupakan kewajiban batin atau hukum. Hal tersebut menyatu dalam individu, kelompok, atau perusahaan untuk menyebutkan bagaimana dana, alat-alat, atau kewajiban yang diberikan oleh pihak ketiga. Perusahaan harus bisa menyebutkan bagaimana mereka menggunakan asal dananya dan apa yang telah dia raih sebagai bentuk pertanggungjawaban pada individu yang berkepentingan serta penerima manfaat. Semua pihak yang berkepentingan memiliki hak untuk mengetahui bagaimana dana dan kewenangan tersebut di pakai.

Konsistensi

Sistem dan kebijakan keuangan dari setiap organisasi harus konsisten pada setiap waktu. Ini tidak harus berarti bahwa sistem keuangan tidak boleh di sesuaikan apabila terjadi perubahan pada sistem organisasi. Pendekatan yang tidak konsisten terhadap manajemen keuangan merupakan salah satu pertanda bahwa terdapat manipulasi dalam sistem pengelolaan keuangan.

Kelangsungan Hidup

Agar keuangan Anda terjaga, pengeluaran organisasi di tingkat strategi hingga operasional wajib sesuai dengan dana yang diterima. Kelangsungan hidup adalah suatu tolak ukur untuk tingkat keamanan dan kelangsungan keuangan organisasi. Seorang Manajer organisasi harus mempersiapkan sebuah rencana keuangan agar dapat memenuhi kebutuhan keuangan.

Transparansi

Perusahaan harus terbuka mengenai setiap pekerjaannya, memberikan informasi yang berkaitan dengan rencana dan kegiatannya kepada seseorang yang berkepentingan. Di dalamnya termasuk mempersiapkan laporan keuangan yang akurat, lengkap, dan tepat waktu, serta bisa di akses dengan mudah oleh para manajemen yang berkewajiban dan penerima manfaat. Apabila sebuah perusahaan tidak transparan, hal ini menandakan ada sesuatu hal yang di sembunyikan.

Standar Akuntansi

Sistem akuntansi dan keuangan pada sebuah perusahaan harus sesuai dengan prinsip dan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Hal ini berarti setiap akuntan di seluruh dunia dapat sepemikiran dan paham sistem yang digunakan.

Integritas

Dalam melaksanakan aktivitas operasionalnya, setiap individu yang terlibat harus memiliki integritas yang baik. Selain itu, laporan dan pencatatan keuangan juga harus di jaga integritasnya melalui kelengkapan dan ketepatan pencatatan keuangan.

Pengelolaan

Sebuah Perusahaan harus dapat mengelola dan memanfaatkan dana yang telah di terima tersebut dengan baik dan menjamin kalau dana tersebut digunakan untuk meraih tujuan yang sudah di tetapkan oleh perusahaan.

Itulah beberapa prinsip dalam manajemen keuangan yang harus Anda ketahui. Manajemen keuangan tentu bukanlah hal yang mudah untuk di lakukan. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi karena di zaman teknologi seperti sekarang ini Anda dapat memanfaatkan software akuntansi. ACCURATE ONLINE adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda melakukan pembukuan perusahaan dengan baik. ACCURATE ONLINE dapat membantu membuat laporan keuangan dengan cepat, instan, dan menyajikan data secara realtime.

Laporan Keuangan Real Time

Accurate Online menyediakan kurang lebih 200 laporan untuk perusahaan Anda. Membuat pembukuan perusahaan menjadi mudah dan rapih. Anda tidak perlu repot untuk menjurnal setiap transaksi, karena setiap transaksi sudah terjurnal otomatis dan menyediakan laporan yang real time.

Baca juga: Software Akuntansi Terbaik

Pada ACCURATE ONLINE juga memiliki berbagai fitur menarik yang dapat membantu pengelolaan bisnis Anda seperti pengaturan stok barang, hingga pencatatan faktur. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dengan ACCURATE ONLINE dan nikmati free trial 30 hari. Info lebih lanjut, klik di sini.