Pembukuan Untuk Perusahaan Kontraktor

Pembukuan Untuk Perusahaan Kontraktor

Pembukuan Akuntansi Perusahaan Kontraktor | Dalam sistem pembukuan keuangan manual, setelah Anda membuat jurnal-jurnal transaksi, pada setiap akhir periode dilakukan input nilai-nilai transaksi ke dalam buku besar untuk masing-masing akun perkiraan.

Misalnya pada buku besar kas diisi berdasarkan jurnal transaksi yang melibatkan akun perkiraan kas. Bentuk akhir dari buku besar akan mirip dengan buku tabungan atau rekening Bank perusahaan Anda.

Manfaat Pembukuan

Adapun manfaat pembukuan untuk perusahaan yang bergerak di bisang kontraktor adalah :

  1. Sebagai alat monitor perkembangan keuangan perusahaan
  2. Sebagai alat pengendalian keuangan perusahaan
  3. Sebagai alat evaluasi terhadap pencapaian tujuan/sasaran dari setiap proyek pekerjaan
  4. Sebagai alat manajemen untuk pengambilan keputusan

Prinsip-prinsip pembukuan;

  1. Sistematis; buku diisi berdasarkan dengan cara-cara tertentu sesuai dengan jenis bukunya.
  2. Kronologis; buku diisi berdasarkan dengan urutan terjadinya transaksi.
  3. Informatif; bisa dipahami/ dimengerti oleh semua pihak yang berkaitan.
  4. Accountable; buku diisi memenuhi kaidah-kaidah atau ketentuan di akuntasi. Antara lain : dapat dihitung, dapat dievaluasi, dan dapat dipertanggung jawabkan
  5. Auditable; catatan keuangan bisa diperiksa dengan mudah. Dalam membuat buku-buku kelompok harus mengikuti prinsip-prinsiptersebut diatas agar lengkap, tertib, teratur, benar, dan bermanfaat.

Baca Juga : Mudahnya Akuntansi Perusahaan Kontraktor Menggunakan Software

Pengertian Perusahaan Kontraktor

Perusahaan kontraktor dapat diartikan sebagai orang atau badan usaha yang menerima pekerjaan dan menyelenggarakan pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan biaya yang ditetapkan berdasarkan gambar rencana, peraturan, dan syarat-syarat yang ditetapkan (Ervianto, 2002).

Dalam operasional perusahaannya, usaha kontraktor dipastikan memerlukan informasi yang berkaitan dengan proyek yang sedang dikerjakan. Diantaranya adalah laporan yang berkaitan dengan :

  1. Pembuatan anggaran proyek
  2. Laporan laba/rugi proyek
  3. Hutang dan Piutang Usaha
  4. Asset

Kesimpulan

Perusahaan kontraktor ientik dengan banyaknya proyek yang dikerjakan. Setiap proyek memiliki pembukuannya masing-masing. Sangat sulit jika perusahaan kontraktor masih menggunakan pembukuan manual. Gunakanlah Software Accurate sebagai solusi kemudahan pembukuan perusahaan Anda. Cocok untuk semua jenis bisnis, fitur terlengkap, dan dengan harga terjangkau. Sudah digunakan oleh lebih 300 ribu pengguna dan memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016. Jadi tunggu apalagi? Saatnya pindah menggunakan Software Accurate.

hubungi kami