Pembukuan Sederhana Adalah:
Beserta Pengertian, Manfaat & Contoh

Apasih yang dimaksud dengan pembukuan? kamu harus memahaminya terlebih dahulu. Pembukuan adalah tugas utama dalam menjalankan sebuah bisnis. Nah karena itu, bisnis skala kecil hingga besar harus memiliki pembukuan walaupun secara sederhana. Walaupun pembukuan sering dilupakan oleh pelaku bisnis, tapi kamu jangan sampai lupa atau bahkan tidak menggunakan pembukuan di bisnismu. Hal ini karena dari pembukuan, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat mulai dari melihati keuangan bisnis, keuntungan, kerugian, dan lain sebagainya. Nah, yuk kita sama-sama pelajari mengenai pengertian, manfaat dan contoh pembukuan sederhana!

Pengertian Pembukuan Sederhana

Menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007, pembukuan sederhana diartikan sebagai suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan. Pencatatan keuangan ini meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan, dan biaya, serta jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa. Kemudian bisa ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba rugi pada periode tersebut.

Bagi perusahaan besar, biasanya sudah memiliki staff akuntan yang berpengalaman untuk mengelola pembukuan di perusahaan tersebut. Sementara untuk perusahaan kecil atau perusahaan baru sering menganggap pembukuan itu susah dan rumit, sehingga mereka tidak membuat pembukuan.

Banyak perusahaan kecil yang tidak membuat pembukuan sederhana karena lebih berfokus pada produk. Memang hal itu baik juga, karena kamu masih dalam tahap pengenalan produk. Ketika kamu terus berkembang dan tidak memiliki pembukuan dari awal, kamu juga akan kesusahan di kemudian hari dalam proses akuntansinya. Selain itu, mungkin kamu berpikir omzet kamu sudah besar, padahal bisa jadi kamu tidak memiliki profit margin atau dana kas karena tidak ada pencatatan jelasnya. Gawat juga, kan?

Manfaat Pembukuan Untuk Bisnismu

Kesalahan yang sering dilakukan adalah mencampur aduk keuangan. Biasanya, kamu akan merasa kebingungan memisahkan antara keuangan pribadi dan perusahaan. Nah, mulai dari situlah terjadi kerancuan keuangan. Maka dari itu, kamu harus mempunyai pembukuan sederhana walaupun kamu baru menjalankan sebuah bisnis.

Beberapa manfaat pembukuan usaha adalah:

  1. Dapat meminimalisir risiko kehilangan prosuk, aset, dan juga uang.
  2. Bisa mengetahui kewajiban pajak akibat bisnis yang dijalani.
  3. Dapat memengaruhi aset yang dimiliki berpengaruh pada rugi laba suatu bisnis di kemudian hari.
  4. Bisa mengetahui besarnya piutang dan hutang.
  5. Bisa mengontrol biaya akibat operasional bisnis.
  6. Dapat mengetahui progress dari bisnis yang sedang dijalani

Baca Juga: Kamu harus tau! Cara cepat belajar akuntansi dasar

Contoh Pembukuan Sederhana

Supaya kamu paham dan mengerti tentang pembukuan sederhana, kamu sebaiknya simak contoh pembukuan pada pembukuan manual berikut ini.

1. Pertama, kamu harus catat arus kas

pembukuan sederhana

2. Catat setiap pengeluaran

pembukuan sederhana

3. Catat transaksi pada buku kas keluar masuk

pembukuan sederhana

4. Catat Stok Barang

pembukuan sederhana

5. Buku Inventaris

6. Laporan laba rugi sederhana

Baca Juga: Cara mudah membuat laporan keuangan sederhana

Mudahkan Pembukuan Dengan Accurate Online

Itulah sedikit ulasan mengenai pebgertian, manfaatdan contoh pembukuan sederhana. Contoh ini akan sangat berguna untuk perusahaan yang baru memulai. Namun jika kamu kesulitan menggunakan pembukuan manual, kamu bisa menggunakan software akuntansi untuk mempermudah pembukuan usahamu.

Accurate online adalah software akuntansi yang cocok buat kamu yang ingin melakukan pembukuan dengan software yang murah dan fitur yang lengkap. Kamu bisa memantau penjualan, pembelian, stok barang, pencatatatn gaji, penyusutan aset, hingga laporan perpajakan.

Mau coba accurate online? Kamu bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari loh.

Kamu bisa mendapatkan PRESENTASI ONLINE GRATIS juga loh
Segera hubungi nomer di bawah ini

kontak marketing accurate