Pengertian Perusahaan Manufaktur, Contoh,
Dan Sistem Yang Digunakan

Perusahaan manufaktur adalah sebuah jenis badan usaha berskala menengah-besar. Dalam proses pekerjaannya, perusahaan ini memiliki ciri khas yakni mengubah bahan mentah menjadi sebuah barang jadi yang mempunyai nilai jual yang besar.

Dalam proses kegiatan operasional yang dilakukan pada perusahaan manufaktur telah dilakukan dengan berdasarkan pada Standar Operasional Prosedur atau biasa disebut SOP. Salah satu dari bagian perusahaan manufaktur biasanya disebut pabrik/factory. Pabrik adalah suatu tempat untuk proses manufakturing atau disebut juga pabrikasi.

Menurut kumparan.com, Perusahaan Manufaktur adalah sebuah badan usaha yang mengoperasikan mesin, peralatan dan tenaga kerja dalam suatu medium proses untuk mengubah bahan- bahan mentah menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual.

Perusahaan Manufaktur di Indonesia

Terdapat banyak sekali perusahaan manufaktur yang tersebar di seluruh dunia. Perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia juga sangat banyak, dengan berbagai macam jenis industri. Berikut ini contohnya yang ada di Indonesia :

1. Tekstil dan Garmen

Tekstil dan garmen merupakan salah satu jenis industri yang termasuk dalam perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia. Industri tekstil ini berjalan dengan mengolah kapas menjadi benang, lalu benang menjadi kain, dan kain tersebut diolah kembali hingga menjadi sebuah pakaian seperti baju, celana dan lain-lain.

Industri tekstil dan garmen ini membutuhkan banyak sekali tenaga kerja. Sehingga tidak heran banyak sekali masyarakat yang bekerja di perusahaan tekstil dan garmen. Salah satu contoh industri tekstil dan garmen di Indonesia adalah seperti PT Sri Rejeki Isman.

2. Otomotif

Otomotif juga termasuk industri perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia. Industri ini bergerak dengan memanfaatkan teknologi canggih untuk melakukan proses produksinya. Hasil produksi dari industri otomotif meliputi sepeda motor, mobil, dan lain-lain.

Salah satu contoh industri otomotif yang sudah terkenal di Indonesia dan dunia adalah Astra Group.

3. Elektronik

Elektronik memiliki persamaan dengan industri otomotif, dimana perusahaan elektronik menggunakan teknologi yang canggih dalam memproduksi suatu barang. Hasil produksi dari industri elektronik sangat sering ditemukan disekitar kita contohnya seperti TV, Komputer, Laptop, Handphone, Kulkas, AC, Kipas Angin, Dispenser, Kompor Listrik, dll.

Baca Juga : Masih Pakai Pembukuan Excel? Ini Alasannya Anda Harus Pakai Move On Dari Excel

4. Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman banyak dijadikan sebagai bahan utama. Industri makanan dan minuman ini beroperasional dengan cara mengolah bahan mentah menjadi makanan dan minuman yang siap dikonsumsi oleh konsumen.

Hasil produksi dari industri makanan dan minuman sangat banyak ditemukan disekitar kita. Contoh perusahaan makanan minuman berasal dari Indonesia adalah Mayora Group.

Sistem Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur harus menerapkan sistem mengenai proses pengerjaan suatu barang agar menjadi lebih efektif. Sistem yang cocok adalah penerapan sistem lean manufacturing. Penerapan sistem ini akan meningkatkan produktivitas pekerja, memiliki nilai efisiensi, serta unggul dalam operasional perusahaan. Berikut ini penerapan sistem lean manufacturing antara lain:

Menerapkan Pull System

Pull system adalah penarikan material yang dilakukan pada saat dibutuhkan saja. Hal tersebut bermaksud untuk meningkatkan fleksibilitas perusahaan

Fokus Pada Peningkatan Kualitas

Fokus untuk menjaga kualitas harus dilakukan oleh setiap perusahaan. Dengan menjaga kualitas, produk akan mempunyai kualitas yang terbaik untuk diberikan kepada konsumen.

Planning dan Eksekusi

Dalam setiap bisnis, planning merupakan suatu hal yang sangat penting untuk pengembangan perusahaan dan produk. Tujuan dibuatnya planning ini yaitu untuk mengurangi terjadinya pemborosan ataupun terjadinya produksi yang gagal.

Perbaikan Terus Menerus

Perbaikan terus menerus harus dilakukan oleh setiap bisnis, tidak hanya pada perusahaan manufaktur. Bertujuan untuk melakukan peningkatan kualitas terhadap produk agar pelanggan tetap merasa senang dan puas.

Kemampuan Pengambilan Keputusan

Mengambil keputusan menjadi salah satu hal penting untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Dengan mengambil keputusan yang tepat, cepat serta akurat akan menjadi suatu cara yang efektif dalam proses pembuatan suatu barang.

Kesimpulan

Perusahaan manufaktur identik dengan pabrik besar yang mengolah bahan mentah menjadi barang yang siap jual dan memiliki sistem operasional yang rumit juga dibutuhkan modal yang besar dan biasanya terdapat banyak pemangku kepentingan dalam suatu perusahaan.

Pembukuan dalam perusahaan manufaktur sangat penting. Selain untuk membantu perkembangan perusahaan, pembukuan juga di butuhkan untuk setiap divisi perusahaan.

Akan sangat menyusahkan jika Anda menggunakan proses pembukuan manual untuk menangani pembukuan manufaktur yang sangat rumit.

Gunakanlah Software Accurate sebagai solusi kemudahan pembukuan perusahaan Anda. Cocok untuk semua jenis bisnis, fitur terlengkap, dan dengan harga terjangkau.

banner perusahaan manufaktur

Sudah digunakan oleh lebih 300 ribu pengguna dan memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016. Jadi tunggu apalagi? Saatnya pindah menggunakan Software Accurate.