Preferensi Atribut Tambahan
Accurate Online

Preferensi Atribut Tambahan adalah fitur yang dimiliki Accurate Online yang berfungsi untuk kamu memberikan tambahan informasi bagi master Barang & Jasa, Pemasok, Pelanggan, dan Rincian Barang & Jasa pada formulir.

Contoh Barang & Jasa, pada master barang dan jasa ada informasi tambahan yang tidak bisa diakomodir oleh Accurate Online, misalkan Warna atau Lokasi Barang (Berada di Rak Nomor Berapa). Maka kamu dapat memasukan informasi Warna dan Lokasi Barang tsb dengan menggunakan Atribut Tambahan pada Accurate Online.

Untuk membuat pengaturan pada atribut tambahan caranya sbb :

1. Klik menu Pengaturan | Preferensi.

Preferensi Atribut Tambahan Accurate Online

2. Klik Atribut Tambahan.

Preferensi Atribut Tambahan Accurate Online

Penjelasan :

Pada Atribut Tambahan, terdiri dari beberapa tab yaitu Barang & Jasa, Pelanggan, Pemasok, Rincian Barang & Jasa Pada Formulir. Kegunaan dari Atribut Tambahan ini adalah sebagai informasi tambahan yang menjelaskan informasi dari Barang & Jasa, Pelanggan, Pemasok, Rincian Barang & Jasa Pada Formulir.

Ilustrasinya sbb :

a. Pada gambar di atas, untuk Tipe Karakter kita isi dengan Lokasi Barang, dan pada bagian Pilihan kami isi dengan Rak1, Rak2, Rak3.

b. Pada bagian Tipe Angka, kita isikan Merah, Kuning, dan Biru.

c. Tujuan kita membuat itu adalah untuk memberikan informasi tambahan bahwa suatu barang, memiliki lokasi di Rak mana, dan barang tsb untuk setiap jenis warna memiliki berapa kuantitas (ini terjadi jika barang sama tetapi warna berbeda-beda)

d. Pengaplikasiannya seperti pada gambar di bawah ini.

  • Dari Barang dan Jasa yang kamu miliki, bisa diberi atribut tambahan barang tersebut diletakkan di mana. Jika barang yang kamu miliki satu jenis tetapi banyak kelompok warna, maka kamu bisa memberi informasi tambahan stok saat ini untuk warna Merah, Kuning dan Biru tinggal berapa.

Preferensi Atribut Tambahan Accurate Online

e. Untuk tab lain seperti Pelanggan dan Pemasok juga sama, kamu bisa menggunakan atribut tsb untuk kebutuhan informasi misalkan tanggal ulang tahun pelanggan kamu, caranya spt gambar di bawah ini.

  • Tanggal Ultah tadi bisa didefinisikan ke Daftar Pelanggan yang kamu miliki, kemudian isikan informasi tanggal ulang tahun pelanggan tsb.

f. Untuk tab Rincian Barang & Jasa Pada Formulir, fungsinya untuk memudahkan kamu ketika menginput transaksi. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini.

  • Pada Tipe Karakter, dibuat Info Tambahan dengan rincian “Jangan Dibanting dan Jangan Ditumpuk”, maka ketika diaplikasikan adalah sbb.
  • Kamu perlu menentukan terlebih dahulu dari Menu Rancangan Formulir, agar Status Kolom Info Tambahan menjadi “Tampil”.

  • Jika sudah, maka ketika transaksi akan seperti pada gambar di bawah ini :

  • Ketika menginput detail barang, pada bagian tab Info Detail, kamu bisa input keterangan yang sudah didefine pada Atribut Tambahan (Rincian Barang & Jasa Pada Formulir).

Baca Juga : Software Akuntansi Terbaik | Accurate Online