Apa Alasan yang Tepat Untuk Saya Beralih ke Akuntansi Berbasis Cloud?

Cloud accounting atau akuntansi berbasis cloud pada dasarnya adalah penemuan terbaik sejak pertama kali ditemukannya sempoa, tetapi apakah Anda setuju tentang hal ini?

Jika Anda menulis di kolom pencarian Google dengan keyword “Cloud Accounting” atau “Akuntansi Berbasis Cloud”, kemungkinan Anda akan mendapatkan daftar artikel, aplikasi, dan konsultan yang menjanjikan kehidupan yang lebih baik dengan beralih ke cloud: menghemat waktu, menghemat uang, menjadikan bisnis Anda lebih baik.

Faktanya adalah: Beralih ke cloud tidak selalu lebih baik. Sedikit analogi, mobil itu lebih cepat daripada sepeda. Tetapi yang perlu Anda ingat, tidak semua orang membutuhkan mobil.

Tentu, cloud accounting memiliki beragam manfaat dan dalam banyak kasus merupakan solusi yang bagus. Namun, itu hanya solusi yang bagus jika Anda tahu apa masalahnya. Dan terlebih lagi, jika cloud accounting membantu menyelesaikan masalah pada proses akuntansi Anda

Apa Alasan yang Tepat Untuk Saya Beralih ke Akuntansi Berbasis Cloud_

Transisi ke software akuntansi berbasis cloud juga berarti bahea Anda mendapatkan sumber daya tambahan untuk bisnis Anda. Kemungkinan besar, Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih tinggi dalam jangka pendek, karena mereka harus belajar dan menyesuaikan diri dengan proses baru.

Namun jika Anda telah mengidentifikasi setiap pos pengeluaran Anda dengan benar dan menentukan software akuntansi berbasis cloud yang dapat membantu bisnis Anda, perbedaan nilai itu akan terlihat jelas.

Pertimbangkan poin-poin ini ketika Anda berniat menggunakan software akuntansi berbasis cloud :

1. Transparansi Menjadikan Kolaborasi Sejati

Pada aplikasi desktop, data umumnya ditempatkan di satu komputer yang dapat diakses oleh satu pengguna. Saat berkolaborasi dengan tim, mereka tidak akan tahu apa yang terjadi sampai seseorang berbagi data dengan mereka.

Kurangnya transparansi dapat menyebabkan keputusan yang buruk. Jika mereka tidak memiliki akses pada data tersebut, mereka cenderung menggunakan asumsi saat melakukan perencanaan ke depan. Mereka mungkin akhirnya bergantung pada langkah-langkah yang tidak akurat, seperti hanya melihat saldo bank untuk menilai bagaimana bisnis ini berjalan.

Software akuntansi berbasis cloud kemudian dapat menjadi alat yang berguna untuk meningkatkan keterlibatan dalam sistem akuntansi Anda. Dan pada akhirnya hal ini mengarah pada pengambilan keputusan yang lebih baik.

2. Data Anda Akan Selalu Up To Date

Dalam banyak kasus, akuntansi dikaitkan dengan data retroaktif. Banyak bisnis yang akan menyelesaikan pembukuan mereka beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan setelah periode selesai.

Itu berarti data apa pun yang mereka lihat akan kedaluwarsa. Jika Anda mengambil keputusan bisnis yang mendasar seperti perekrutan dan penetapan harga, melihat data yang sudah berusia 3 bulan tidak akan ada manfaatnya.

Ketika digunakan secara efektif, fitur akuntansi berbasis cloud seperti rekonsiliasi bank secara otomatis atau melakukan penerimaan pembayaran, semua dapat dilakukan dan tercatat secara real time. Atas dasar ini bisa dipastikan bahwa akuntansi berbasis cloud bisa mengahasilkan data yang seharusnya jauh lebih berharga

3. Mudah Diintegrasikan dengan Alat dan Aplikasi Lainnya

Anda mungkin sudah menggunakan software untuk transaksi, manajemen proyek, mengelola penggajian, atau menjalankan toko e-commerce. Namun, jika software yang digunakan tidak bisa terintegrasi dengan perangkat lunak akuntansi, Anda mungkin mengalami masalah transparansi atau relevansi dan tentunya ini akan membuat lebih banyak pekerjaan.

Sebelum melakukan integrasi, penting untuk mengetahui bagaimana perangkat lunak akuntansi terintegrasi dengan aplikasi lain yang mereka gunakan. Data apa yang dibawa dan apa manfaatnya bagi Anda?

Misalnya, jika Anda menggunakan Accurate Online, Anda bisa mengintegrasikan laporan penjualan dan juga memantau stok dengan software kasir Moka Pos. Di sisi lain, Anda mungkin memiliki jumlah transaksi yang sangat besar. Dalam hal ini, mengimpor semua detail pelanggan secara manual akan menguras banyak waktu. Dengan integrasi ini, tentunya akan memudahkan Anda dalam mengelola semuanya.

4. Pastikan Anda Memilih Software yang Tepat untuk Anda!

Pindah ke cloud accounting tidak selalu semudah membalikan telapak tangan, kita semua tahu itu. Namun, dengan mengidentifikasi apa kebutuhan bisnis dan untuk meningkatkan proses akuntansi menjadi lebih baik, tentunya cloud accounting bisa menjadi solusi agar bisnis Anda berjalan lebih efisien.

Software akuntansi berbasis cloud yang tepat akan menciptakan manfaat menjadikan bisnis Anda lebih produktif dan akan menambah nilai pada perusahaan Anda.

Sementara masing-masing bisnis memiliki kebutuhan uniknya sendiri, ada sejumlah masalah umum yang dihadapi pemilik bisnis dan yang dapat diatasi secara efektif dengan perangkat software akuntansi berbasis cloud yang tepat. Seperti Accurate Online.

accurate online

Mau merasakan fitur cloud acconting terbaik di Indonesia? Anda bisa mencoba demo Accurate Online gratis melalui link ini.