Software Akuntansi Manufaktur

Perusahaan Manufaktur merupakan sebuah badan usaha yang menjalankan mesin, peralatan dan tenaga kerja dalam suatu proses untuk mengubah bahan mentah menjadi barang jadi yang memiliki nilai penjualan. Jika kita berbicara mengenai sistem akuntansi untuk perusahaan manufaktur tentu saja akan jauh berbeda dengan perusahaan dagang, jasa, maupun kontraktor.

Baca Juga : Pengertian Perusahaan Manufaktur Beserta Contohnya

Bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang pabrikasi atau manufaktur yang cara kerjanya masih secara manual. Tentu membutuhkan Software Akuntansi yang akurat pencatatannya dan bisa mengakomodir mekanisme pekerjaan tersebut. Dalam urusan ini, Accurate Business Center mempunyai sebuah produk unggulan yaitu Software Akuntansi Manufaktur bernama Accurate Enterprise Edition. Software ini sudah di design khusus untuk Perusahaan Pabrikasi/Manufacturing.

ACCURATE Enterprise Edition

Software Akuntansi Manufaktur (ACCURATE Enterprise Edition) khusus menangani pencatatan Akuntansi perusahaan Pabrikasi/Manufaktur.

software akuntansi manufaktur

Modul Manufaktur terdiri dari :

  • Modul Bahan Baku di pakai untuk mendaftarkan semua bahan baku yang digunakan, contohnya seperti Raw Material, Other Material, dll.
  • Modul Biaya Produksi berfungsi untuk mendaftarkan biaya – biaya yang dikeluarkan untuk proses prosuksi seperti Biaya Gaji, Biaya Sewa, Biaya Listrik Produksi, dll.
  • Modul Formula Produk di gunakan untuk mencatat Formula Produk yang terdiri dari Bahan Baku dan Biaya – biaya yang di pakai untuk menghasilkan Barang jadi.
  • Modul Perintah Kerja di pakai untuk membuat SPK (Surat Perintah Kerja) untuk memproduksi Barang dan membuat surat permintaan Bahan Baku.
  • Modul Produk dan Bahan Baku Keluaran berfungsi mencatat kuantitas Produk Barang jadi yang dihasilkan berdasarkan masing- masing surat perintah kerja dan mencatat pengembalian bahan baku jika pemakaian lebih.

Seperti yang di ketahui, Perusahaan Manufaktur atau Pabrikasi adalah perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual, kegiatan ini sering disebut Proses Produksi.

Dibandingkan dengan Perusahaan Dagang, masalah khusus dalam Akuntansi Perusahaan Manufaktur adalah persediaan atau yang biasa di kenal Stok Barang , Biaya Pabrikasi (manufacturing costs), Biaya Produksi dan Beban Pokok Produksi.

Biaya-biaya yang terjadi dalam Perusahaan Manufaktur atau Pabrikasi selama suatu periode disebut biaya Manufaktur (manufacturing cost), atau lebih dikenal dengan biaya pabrik. Pada dasarnya biaya pabrik dapat dikelompokkan menjadi:

  • Biaya bahan baku (raw materials cost) adalah biaya untuk bahan-bahan yang dapat dengan mudah dan langsung di identifikasikan dengan barang jadi. Contoh bahan baku adalah kayu bagi perusahaan mebel atau tembakau bagi perusahaan rokok.
  • Biaya tenaga kerja langsung (direct labor cost) adalah biaya untuk tenaga kerja yang menangani secara langsung proses produksi. Contoh buruh langsung adalah tukang kayu dalam perusahaan mebel.
  • Biaya overhead pabrik (overhead cost) merupakan biaya-biaya pabrik selain bahan baku dan tenaga kerja langsung. Biaya ini tidak bisa di identifikasikan secara langsung dengan barang yang dihasilkan.

Baca Juga : Belajar Akuntansi Mudah Untuk Perusahaan Manufaktur

Contoh biaya overhead pabrik adalah:

  • Bahan pembantu atau biasa disebut juga bahan tidak langsung (indirect materials) misalnya perlengkapan pabrik seperti mur dan baut.
  • Tenga kerja tidak langsung (indirect labor) yaitu tenaga kerja yang pekerjaannya tidak dapat di identifikasikan secara langsung. Salah satu contohnya adalah gaji mandor.
  • Biaya maintenance.
  • Biaya listrik, air, telepon dan lain lain.laporan software akuntansi manufaktur

Report yang dapat dihasilkan oleh ACCURATE 5 Enterprise Edition seperti foto di atas. Lengkap dan mudah bukan ?

hubungi kami untuk mendapatkan software akuntansi gratis