Bingung Punya Toko Online?
Pembukuan Toko Online Di Accurate Online Aja

Data Bank Indonesia (BI) menyebutkan, transaksi toko online (e-commerce) di Indonesia pada tahun 2018 lalu mencapai Rp 77,766 triliun. Angka ini melonjak 151% di bandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 30,942 triliun.

E-commerce dan toko online bukan lagi menjadi hal baru untuk memperluas jangkauan pasar untuk mencari pelanggan. Sebaliknya, e-commerce benar-benar adalah masa depan sebuah bisnis. Menurut data ini, Indonesia sendiri menjadi negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia.

Ada banyak manfaat mempunyai bisnis ecommerce. Penjualan melalui e-commerce memiliki pilihan yang lebih luas jika dibandingkan dengan penjualan konvesional. Ini berarti Anda dapat menikmati banyak manfaat memiliki toko Anda sendiri tanpa terikat dengan kota, negara bagian, atau bahkan negara tertentu.

Ditambah lagi dengan biaya overhead rendah dan risiko yang kecil, membuat industri e-commerce menarik bagi banyak orang yang ingin memulai bisnis ritel. Jika belum mampu membuat toko online sendiri, Anda bisa memasarkan produk Anda melalui marketplace dangan pasar dan pengguna yang cukup besar di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan masih banyak lagi

Memanfaatkan software yang tepat untuk menjalankan bisnis e-commerce Anda adalah kunci untuk mendapatkan fleksibilitas dan keuntungan yang mungkin di industri ini. Salah satu bagian penting dari software yang perlu Anda pertimbangkan untuk bisnis e-commerce Anda adalah solusi akuntansi Anda.

Tidak semua software akuntansi bisnis dibuat sama, dan dengan sejumlah tantangan unik pembukuan yang dihadapi oleh penjualan di toko online, Anda perlu memastikan untuk memilih software akuntansi terbaik untuk penjualan di e-commerce seperti Accurate Online.

Accurate Online, Software Pembukuan untuk Penjualan Toko Online yang Efisien

Ada beberapa permasalahan dan kendala dalam pembukuan yang harus dihadapi pemilik bisnis yang menjual barangnya melalui online. Solusi untuk tantangan ini berdampak langsung pada software akuntansi yang Anda akan gunakan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa di lakukan Accurate Online untuk memudahkan bisnis Anda :

Manajemen Persediaan

Berbeda dengan manajemen persediaan pada toko konvensional, persediaan untuk penjual e-commerce sering disimpan pada lokasi yang berbeda satu sama lain. Manajemen persediaan akan semakin rumit jika Anda melakukan penjualan pada multi toko online atau marketplace.

Solusi manajemen persediaan Anda harus mengelola semua saluran penjualan Anda untuk mencegah penolakan pesanan pembelian dari pelanggan karena stok sudah habis, namun masih dimuat di toko online atau saluran penjualan lain atau masalah persediaan.

menu persediaan accurate online

Dengan Menggunakan Accurate Online, Anda bisa melakukan pemantauan persedian dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Anda juga bisa melakukan pencatatan stok opname dan penyesuaian persediaan yang terdapat pada fitur Accurate Online.

Jika diperlukan Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengelola persediaan Anda secara efektif, terutama jika Anda memanfaatkan banyak saluran untuk penjualan. Berlangganan aplikasi yang mengelola berbagai saluran penjualan bisa menjadi solusi untuk manajemen inventaris yang akan menghemat waktu dan meminimalisir kesalahan contohnya seperti selluseller.

Namun idealnya, solusi manajemen persediaan Anda harus berintegrasi dengan software akuntansi, baik secara langsung atau menggunakan aplikasi yang menghubungkan keduanya.

menu marketplace accurate online

Dengan Accurate Online, Anda bisa mengintegrasikan berbagai macam aplikasi lain untuk kemudahan bisnis Anda secara menyeluruh. Fitur marketplace yang ada pada Accurate Online berisi berbagai aplikasi seperti selluseller, moka pos dan lainnya yang bisa Anda integrasikan dengan Accurate Online untuk mendapatkan laporan keuangan lebih detail.

Fitur Multi User yang bisa Anda atur Hak Aksesnya

Punya banyak karyawan yang menangani saluran penjualan yang berbeda? Tentu ini akan memakan banyak waktu jika Anda harus memeriksa laporan penjualan satu persatu, belum lagi jika karyawan Anda melakukan fraud.

Anda bisa menggunakan fitur multi pengguna dan pembatasan akses data pada Accurate Online untuk membatasi dan membedakan peruntukan hak akses database untuk setiap orang yang berbeda. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi takut akan terjadinya kecurangan yang dilakukan karyawan Anda, karena setiap transaksi yang terjadi dapat Anda monitoring secara realtime, kapan saja, dan dimana saja.

Perhitungan Pajak dari setiap Penjualan secara Otomatis

Salah satu kemudahan yang Anda dapatkan dari e-commerce adalah Anda dapat menjual produk Anda di seluruh negeri, atau bahkan di seluruh dunia. Manfaat ini juga menyebabkan salah satu tantangan terbesar yang dihadapi para penjual yaitu masalah perpajakan.

Meskipun sebagian besar software akuntansi menyertakan fitur pajak penjualan, namun kebanyakan fitur ini hanya menghitung pajak penjualan karena berdasarkan informasi yang dimasukkan oleh pengguna. Mereka tidak mengelola kepatuhan pajak penjualan atau mengajukan pengembalian pajak penjualan.

daftar laporan accurate online

Berbeda dengan Accurate Online, Anda bisa melakukan impor dan email faktur pajak langsung melalui aplikasi tersebut. Tidak hanya itu, Accurate Online juga mempunyai banyak perhitungan jenis pajak yang ada di Indonesia dan bisa tercatat secara otomatis pada setiap transaksi dan laporan keuangan Anda.

Accurate Online sendiri sudah bekerja sama dengan online pajak, untuk memberikan pengalaman perpajakan bisa dilakukan dengan lebih mudah, nyaman, dan transparan.

Smartlink Ecommerce

Terkadang memulai dengan satu marketplace untuk platform penjualan adalah yang terbaik. Tetapi, jika Anda memiliki produk yang benar-benar inovatif, Anda mungkin ingin segera meluncurkan bisnis Anda di berbagai saluran penjualan dan marketplace.

Namun tentunya ini memberi banyak pertimbangan bagi Anda seperti tentang kemudahan pengaturan penjualan di setiap marketplace, diskon yang diberikan, atau mungkin barang mana saja yang cocok pada marketplace tertentu. Semua hal itu bisa Anda pertimbangkan jika Anda memiliki laporan keuangan atau laporan penjualan bisnis dari berbagai marketplace.

pembukuan toko online accurate online

Accurate Online sendiri memiliki fitur untuk mengelola laporan penjualan Anda dari berbagai marketplace melalui fitur smartlink e-commerce. Dengan fitur ini, Anda bisa dengan mudah memantau setiap penjualan yang terjadi marketplace yang Anda hubungkan dengan Accurate Online seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Pesatnya Pertumbuhan Ecommerce harus Di Imbangi dengan Pembukuan yang Benar

Untuk pembukuan toko online dan ecommerce Anda harus memperhitungkan tantangan-tantangan khusus yang dihadapi oleh jenis bisnis ini, menentukan solusi untuk tantangan-tantangan yang paling sesuai dengan model bisnis Anda, dan kemudian memilih perangkat lunak akuntansi yang menyatukan semua bagian puzzle dari masalah yang bisnis Anda hadapi.

Baca Juga : Akuntansi Pada Perusahaan Dagang

Ecommerce adalah industri yang terus berkembang pesat, banyak akuntan yang bisa bekerja dan membantu pembukuan pemilik toko online dan e-commerce seperti Anda. Namun pada saat Anda memulai bisnis, ada baiknya Anda melakukan pembukuan secara mandiri untuk mengetahui seberapa cepat bisnis Anda berkembang, dan masalah apa yang biasanya terjadi pada bisnis Anda.

pembukuan toko online

Sekarang setelah Anda tahu mengapa Accurate Online menjadi software akuntansi terbaik untuk pembukuan toko online, Anda dapat dengan mudah melakukan pembukuan yang efisien untuk bisnis Anda. Inilah saatnya untuk kembali menikmati banyak benefit atas pesatnya perkembangan toko online dan marketplace yang menjamur di Indonesia.

Anda juga dapat mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.