Pengertian Startup

startup di indonesia

Seiring dengan kemajuan teknologi, startup semakin berkembang dan memberikan dampak ekonomi yang cukup signifikan. Apa itu startup dan bagaimanakah perkembangan startup Indonesia?

Startup merupakan perusahaan atau bisnis yang bergerak di bidang yang berkaitan dengan website, teknologi, dan internet yang baru saja dirintis dengan konsep yang matang dan masih memerlukan pengembangan. Perusahaan startup diharapkan dapat berkembang menjadi perusahaan yang lebih besar lagi.

Batasan startup antara lain jumlah karyawan kurang dari 20 orang, laba masih tergolong minim, dan belum memiliki kantor besar layaknya perusahaan. Usaha startup biasanya mengandalkan website yang dijalankan melalui ruko atau rumah biasa. Dari segi umur, yang bisa disebut startup haruslah bisnis yang usianya di bawah 2 tahun

Perkembangan Startup di Indonesia

Perkembangan startup Indonesia bisa dibilang cukup pesat. Hal ini terbukti dari munculnya beberapa nama perusahaan startup yang memiliki nilai valuasi tinggi hingga mendapat predikat unicorn.

Beberapa Startup Indonesia yang Sudah Besar

1. Gojek

Gojek merupakan startup Indonesia pertama yang meraih gelar unicorn. Unicorn merupakan gelar yang diperuntukkan bagi startup baru yang mampu memiliki valuasi pasar di atas 1 miliar dolar US.

Gojek merupakan startup karya anak bangsa Indonesia, dirintis oleh Nadiem Makarim, dibawah PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. Awalnya perusahaan ini hanya berfokus pada layanan transportasi online, namun saat ini layanannya telah berkembang ke berbagai sektor seperti Go Food, Go Clean, Go Massage, dan Go Med. Saat ini Gojek juga sudah merambah ke luar negeri, di Vietnam disebut Go-Viet dan di Thailand disebut Gets!.

Saat ini Gojek bahkan sudah menyabet gelar Decacorn atau perusahaan yang memiliki nilai valuasi pasar di atas 10 miliar dolar US.

2. Tokopedia

Tokopedia merupakan startup Indonesia yang mampu meraih gelar unicorn setelah Gojek. Gelar ini didapat, setelah perusahaan besutan William Tanuwijaya dan Leontinus Aplha Edison ini mendapat suntikan dana dari Alibaba sekitar 1,1 miliar dolar US pada tahun 2017. Saat ini Tokopedia telah menaungi 6,4 juta penjual dan 90 juta pengguna aktif.

Baca Juga : Solusi pembukuan untuk online shop

3. Bukalapak

Bukalapak merupakan startup yang memiliki startup ranking 85,072 dan menduduki peringkat 1 startup di Indonesia versi startupranking.com saat ini. Bukalapak juga sudah mencapai label unicorn setelah mendapat kucuran dana dari Emtek Group dan 500 Startup.

Baru-baru ini, perusahaan yang dibesut oleh Achmad Zaky, Fajrin Rasyid, dan Nugroho Herucahyono ini mendapat suntikan dana kembali dari investor asal Korea, Shinhan GIB. Kucuran dana ini membuat valuasi Bukalapak menembus angkar 2,5 miliar dolar US.

Baca Juga : Bingung buat laporan keuangan? Lihat yuk ! Cara membuat laporan keuangan sederhana

4. Traveloka

Traveloka merupakan startup travel pertama di kawasan Asia Tenggara yang mampu menyabet gelar Unicorn. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang. Gelar Unicorn tersebut didapat setelah perusahaan ini mendapat kucuran dana dari Expedia pada Juli 2017.

Layanan yang disediakan Traveloka saat ini bukan hanya pemesanan hotel dan pesawat, namun juga pemesanan kereta api, tiket nonton dan tiket beragam arena atraktif lainnya.

5. Ovo

Ovo merupakan startup Indonesia yang melaju mengikuti keempat perusahaan di atas dalam menyabet gelar Unicorn. Gelar ini didapat pada Maret 2018, setelah perusahaan yang didirikan oleh Grup Lippo ini mencapai valuasi nilai pasar sebesar 2,9 miliar dolar US. Ovo awalnya merupakan layanan dompet digital yang kini telah merambah Grab sebagai salah satu mitra besarnya.

Kesimpulan

Banyak startup Indonesia yang mengalami kemajuan sangat pesat. Beberapa diantaranya yang mampu meraih gelar Unicorn adalah Gojek, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka dan Ovo. Bahkan, saat ini Gojek telah meraih gelar Decacorn.

Ada 1 kesamaan dari semua startup tersebut adalah mereka memiliki pembukuan yang baik hingga membuat perencanaan bisnis menjadi optimal.

Bagi Anda yang kesulitan dalam melakukan pembukuan secara manual, Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai solusi kemudahan pembukuan bisnis Anda. Dengan Accurate online Anda bisa mengelola laporan keuangan kapan saja dan dimana saja. Anda juga bisa memantau persediaan stok secara real time, sehingga Anda tidak perlu lagi takut pesanan tidak terpenuhi dikarena laporan stok tidak sesuai dengan stok sebenarnya.

Saatnya Anda beralih menggunakan Accurate Online. GRATIS untuk bulan pertama, klik di sini.